Aktivasi Manual ACCURATE License Manager (ALM) ACCURATE Versi 5

Tentang ACCURATE License Manager

Sebelum membahas cara Aktivasi Manual ACCURATE License Manager, kita bahas dahulu tentang ACCURATE License Manager (ALM).

ACCURATE License Manager (ALM) adalah sebuah aplikasi terpisah yang berfungsi me-manage, mendistribusikan, mengaktifkan lisensi Accurate 5 dalam satu jaringan network lokal (Local Area Network = LAN). Aplikasi License Manager bisa di-install di komputer mana saja didalam satu jaringan, tetapi sebaiknya diinstall bersama-sama Accurate Server di komputer dimana tersimpan database Accurate. Bagi yang hanya menjalankan Accurate 5 sendirian (stand alone) di satu komputer, maka Accurate Client, Accurate Server, dan License Manager di-install kedalam satu komputer.

ACCURATE License Manager (ALM) pada ACCURATE versi 5 berfungsi untuk meregistrasikan komputer-komputer dalam satu jaringan agar dapat terregistrasi dan dapat menggunakan software ACCURATE versi 5 tanpa batas waktu. Namun syaratnya adalah harus dalam satu jaringan LAN yang sama.

Bagaimana Bila Ingin Membuka ACCURATE versi 5 di Jaringan yang Berbeda dengan Jaringan ALM?

Seandainya ada satu staff atau user kita yang akan tugas keluar kota atau WFH (Work from Home), maka laptop/PC yang dia install ACCURATE 5 akan lepas dari jaringan LAN untuk beberapa hari. Namun dia tetap bisa membuka ACCURATE dalam masa tenggang ACCURATE (sama dengan atau lebih kecil dari 20 hari). Namun jika kondisinya setelah 20 hari user itu tidak memungkinkan untuk menghubungkan laptop/PC dengan  dengan License Manager di kantor, maka user tsb dapat melakukan aktivasi Lisensi ACCURATE secara manual.

Cara Aktivasi Manual ACCURATE License Manager (ALM)

Apabila komputer/laptop user berada di luar jaringan yang sama dengan jaringan yang terinstall ALM, maka komputer/laptop tersebut masih bisa membuka ACCURATE dalam jangka waktu 20 hari. Setelah 20 hari, maka otomatis registrasi akan terputus dan tidak akan bisa membuka database ACCURATE, kecuali bila komputer/laptop tersebut dihubungkan kembali dengan jaringan yang terinstall ALM untuk dapat meregistrasi ulang. Cara satu-satunya bila setelah 20 hari komputer/laptop user tidak bisa terhubung dengan jaringan yang terinstall ALM adalah dengan Aktivasi Manual ALM. Aktivasi ini dapat dilkukan tanpa harus menghubungkan komputer/laptop ke jaringan yang terinstal ALM.

Cara melakukan aktivasi manual ALM adalah sebagai berikut:

  • Di jaringan yang terinstall ALM, Buka ACCURATE License Manager dari web browser dengan ketik localhost:6688.
Aktivasi Manual ACCURATE License Manager
  • Pilih salah satu nomor lisensi lalu klik Aktivasi Manual ACCURATE Client, hingga mendapatkan Kode Aktivasi (valid dalam periode 10 menit).
Aktivasi Manual ACCURATE License Manager 2
Aktivasi Manual ACCURATE License Manager 3
Aktivasi Manual ACCURATE License Manager 4

Setelah Kode Aktivasi Manual didapatkan, personil yang alamat emailnya di daftarkan di License Manager, silakan menginformasikan kode tsb, untuk diinput oleh user yang ACCURATE nya sedang dalam masa tenggang (berada di luar kantor).

Kemudian yang harus dilakukan oleh user yang berada di luar jaringan adalah sebagai berikut:

  1. Input Kode Aktivasi tersebut pada ACCURATE Client, dan pastikan Laptop/Komputer terkait HARUS terhubung dengan internet.
  2. Lalu pada ACCURATE di komputer client, silahkan dibuka dan masuk ke menu  Help | Register, kemudian Klik Tombol AKTIFKAN pada  kotak dialog Register ACCURATE 5.
  3. Inputkan Kode Aktivasi yang sudah didapatkan dari Aplikasi License Manager yang diberikan dari personil di kantor, lalu Klik Aktifkan.

Jika Kode Aktivasi Manual valid, maka masa Registrasi ACCURATE Client akan kembali diperbaharui.

Sebagai catatan, untuk dapat mengaktivasikan manual ini, laptop atau komputer yang berada di luar jaringan ALM syaratnya wajib sudah pernah diregistrasikan di ALM, jadi tidak bisa laptop yang benar-benar baru yang kondisinya tidak pernah terregistrasi di ALM ingin dikoneksikan dengan aktivasi manual ini.

Informasi ACIS

Demikian cara Aktivasi Manual ACCURATE License Manager ACCURATE Versi 5.

Bila ada yang kurang jelas dan ingin mendapat penjelasan yang lebih spesifik dari tim solution expert kami silahkan hubungi kami ACIS Indonesia melalui telpon di 021 – 2908652 atau email ke info@acisindonesia.com. Kami siap membantu Anda..!

Kami ACIS Indonesia adalah konsultan penjualan resmi Software Accounting ACCURATE. Kami juga menyediakan jasa training ACCURATE dan maintenance ACCURATE bagi perusahaan yang sudah menggunakan software ACCURATE dan mengalami kendala atau kesulitan dalam penggunaan software ACCURATE nya. Kami selalu siap melayani Anda mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Tangerang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lombok, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makassar sampai Papua.

Tinggalkan komentar